Kamis, 24 Mei 2012

Gua Jatijajar

Gua jatijajar merupakan tempat wisata yang terkenal di Kebumen, Jawa Tengah. Panjang guanya kurang lebih sekitar 250meter dengan lebar rata-rata 25meter dan memiliki ketinggian 15meter. Didalam gua ini terdapat sungai bawah tanah yang mengalir dengan jernih. Untuk menuju kedalam gua ini tidak perlu penggunakan peralatan khusus karena akses masuknya sangat mudah dan nyaman. Dasar lantainyapun sudah menggunakan semen cor dan terdapat pegangan di sisi samping kanan dan kiri, untuk penerangan tak perlu khawatir karena disetiap sudut ruangan gua sudah tersedia banyak lampu.

Di dalam gua terdapat berbagai patung yang kita jumpai yang menceritakan kisah Raden Kamandaka atau yang lebih dikenal denan kisah Lutung Kasarung. Patung-patung tersebut semuanya berwarna putih dan diletakan secara berkelompok di sudut-sudut gua yang menggambarkan sebuah cerita.
http://1.bp.blogspot.com/-_yI5vXbySFA/TpEIhxRW3vI/AAAAAAAAE-Q/c6y75ZmR7vg/s400/jatijajar8.jpg


Keindahan stalagtit dan stalagmit yang ada pada gua ini cukup menarik, diantaranya bahkan masih aktif untuk terus tumbuh. Hal ini ditandai dengan masih adanya air yang mengalir dan menetes pada ujung-ujungnya. Pada bagian luar dari gua jatijajar pengunjung dapat menjumpai sebuah patung dinosaurus berukuran besar dengan mulutnya yang menganga lebar. Dari dalam mulut tersebut mengalir air dengan deras, dimana air tersebut berasal dari sungai bawah tanah yang ada didalam/bawah gua jatijajar. Air tersebut mengalir keluar dari mulut patung dinosaurus menuju aliran sungai besar dimana pengunjung terutama anak kecil banyak memanfaatkannya sebagai sarana permainan air. Dimusim penghujan, air sungai tersebut mengalir sangat deras sekali bahkan bisa meluap dan menggenangi dasar gua jatijajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar