Selasa, 22 Mei 2012

Keistimewaan Pantai Ujung Negoro Batang

http://lh6.ggpht.com/-MVA6NgTyAzY/Sq4FSzCcQFI/AAAAAAAAN3w/nsFbSdY72Qc/DSC02067.JPGJika anda sedang melintas jalur pantura di sekitar Kab. Batang tidak ada salahnya merkunjung ke pantai ujung negoro. Terletak di sepanjang pantai utara Batang, lebih tepatnya lagi terletak di Kota Batang, Jawa tengah. Kurang lebih 5 kilometer dari jalur pantura Jakarta-Semarang atau 10-14km dari  Kota Batang. Untuk menuju lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat, tetapi ada juga kendaraan umum untuk menuju lokasi.

Di sepanjang bibir pantai ujung negoro terdapat pohon bakau yang berjejer rapi, rimbun dan kuat untuk menahan hantaman ombak agar tidak terjadi abrasi. Pengunjung tidak perlu khawatir karena pantai ini memiliki lingkungan yang bersih, banyak disediakan tong sampah agar pengunjung tidak sembarangan membuang sampah di area pantai. Ada juga taman bermain yang bisa digunakan untuk anak-anak untuk bermain. Pengunjung juga bisa menikmati petualangan menaikir perahu-perahu kecil untuk membawa ketengah laut untuk melihat keindahan pantai, banyak warung yang menyajikan aneka makanan ketika perut sudah terasa lapar.
Pada bagian sebelah timur pantai, wisatawan bisa menemukan batu-batu karang yang sangat besar, terdapat tebing yang sangat tinggi. Untuk menuju puncak tebing tersebut, disediakan puluhan anak tangga untuk menaikinya. Pantai Ujung negoro adalah pantai yang memiliki kharisma ganda, selain sebagai tempat wisata, pantai ini juga menyajikan wisata spiritual. Pada dataran pantai yang tinggi terdapat Gua Aswotomo dan sebuah pemakaman kecil peninggalan Syeikh Maulana Maghribi. Di sekitar daerah ini tersedia pula tempat menarik untuk bersampan dan memancing. Selain itu, terdapat sumur yang airnya tawar dan terletak hanya beberapa meter dari bibir pantai ujungnegoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar